Wednesday, November 29, 2006

Televisi Mobil

Pertanyaan:
Saya baru saja menginstal televisi kecil di mobil saya. Tapi hasilnya kurang memuaskan, gambarnya tidak stabil. Suaranya menurut saya sudah baik. Bagaimana caranya menginstal yang betul untuk mendapatkan gambar yang stabil.
Nurhadi, Surabaya

Jawab:
Seperti yang pernah saya jelaskan disini, untuk dapat menerima siaran televisi yang baik, antena televisi harus dapat melihat antena stasiun pemancar televisinya. Artinya antena televisinya mengarah ke antena stasiun pemancar televisi. Katakanlah pemasangan di mobil Anda sudah benar, sebelum berangkat sudah diatur semuanya sehingga gambarnya tampil bagus. Tapi, begitu mobil Anda bergerak, saya kira gambarnya mulai tidak stabil.

Memang sulit untuk dapat menangkap siaran televisi dari mobil Anda yang bergerak. Karena setiap saat posisi antena Anda selalu berubah terhadap antena stasiun pemancar televisi. Selain arahnya, juga jaraknya berubah. Kecuali kalau mobil Anda bergerak mendekati stasiun pemancarnya. Selain itu, lingkungan di sekitar mobil yang bergerak juga mempengaruhi penerimaan. Bila di sekitarnya terdapat gedung-gedung yang tinggi, semakin sulit penerimaanya. Ada yang mengatakan supaya dapat penerimaannya stabil dianjurkan memakai antena diversity. Antena diversity itu memang dilengkapi dengan booster untuk memperkuat penerimaan sinyal televisi. Tapi, saya sendiri tidak yakin kalau dengan antena diversity itu mampu menerima gambar dengan stabil terutama bila mobil dalam keadaan bergerak. Jadi, siap saja Anda untuk menjadi kecewa kalau mengikuti anjuran itu. Karena antena diversity yang baik cukup mahal, sekitar delapan ratusan ribu rupiah.

Menurut hemat saya, sambil nonton televisi dalam perjalanan dengan mobil sebenarnya kurang tepat. Meskipun Anda tidak mengemudi sendiri, karena ada sopir. Paling lama perjalanan di dalam kota hanya sekitar 10 sampai 15 menit saja. Sehingga belum tuntas mengikuti telenovela kegemaran Anda, Anda sudah harus turun karena sudah sampai ditujuan. Apalagi kalau Anda dalam perjalanan keluar kota. Semakin jauh dari kota Surabaya semakin tidak baik penerimaanya. Lebih nikmat kalau Anda sambil mendengarkan radio atau kaset atau CD saja, kalau ada.

Saya hanya membaca dari iklan, sebenarnya spesifikasi televisi merk seperti yang Anda miliki itu sudah baik. Kalau digunakan dalam keadaan stasioner (diam) di dalam kota Surabaya, saya yakin gambarnya baik. Karena itu, kalau sudah terpasang, biarkan saja sopir Anda yang menikmati siaran televisi sambil menunggu Anda selesai mengurus bisnis Anda. Tapi, sopir Anda sebaiknya diingatkan jangan lupa pada aki mobil. Karena asyiknya nonton, pada waktu Anda mau berangkat mobil tidak dapat dihidupkan.

Sumber: Jawa Pos, Oktober 1996

0 Comments:

Post a Comment

<< Home