Tuesday, November 28, 2006

Komputer Multimedia

Pertanyaan:
Saya memerlukan penjelasan mengenai komputer multimedia. Apakah PC saya dapat dikembangkan menjadi komputer multimedia.
Iwan S., Kediri

Jawab:
Komputer pribadi (PC) yang ada sekarang ini, dengan kemampuan menyajikan gambar dan teks, sudah mulai jenuh. Supaya tetap menarik, maka PC sekarang dilengkapi dengan unsur multimedia. Unsur multimedia yang paling mutakhir ada tiga, yaitu Internet, CD-ROM, dan ATM (automatic teller machine). Jadi komputer multimedia mempunyai kelebihan dalam menggabung gambar, teks, dan suara.

Sehingga sebuah PC yang dulu banyak digunakan hanya untuk pengolah kata, dan pengolah data base. PC juga sudah ada yang digunakan sebagai media pendidikan dan hiburan. Sebagai media hiburan hanya terbatas untuk memainkan game. Maka sekarang PC dapat juga sebagai komponen dalam jaringan komputer global yang dinamakan Internet. Sehingga PC dapat digunakan untuk mengakses data dari komputer lain yang tergabung dalam Internet.

Bila dilengkapi dengan pemutar CD-ROM, PC dapat menjadi media pendidikan dan hiburan yang lebih canggih. Sebagai media pendidikan sekarang sudah banyak tersedia perangkat lunak yang dirancang secara khusus. Demikian pula sebagai media hiburan, perangkat lunak untuk game jauh lebih menarik dibandingkan dengan yang sebelumnya. Yang dulu belum ada, sekarang sudah banyak tersedia perangkat lunak yang berisi film cerita atau film lainnya.

Perangkat lunak untuk komputer multimedia memerlukan kecepatan yang tinggi. Karena itu, PC Anda paling tidak harus menggunakan prosesor 486DX2/66 atau generasi yang lebih baru. Jika anggaran Anda memungkinkan lebih baik lagi menggunakan prosesor generasi terbaru, Pentium.

Selain itu, perangkat lunak multimedia membutuhkan media penyimpanan dalam bentuk RAM yang lumayan besar. Paling sedikit 8 megabyte atau lebih. Kemudian diperlukan dukungan yang dinamakan RAM cache sebesar 256 kilobyte, sudah cukup mendapatkan kinerja yang baik. Sebagai media penyimpan diperlukan harddisk dengan kapasitas di atas 1 gigabyte.

Karena perangkat lunak untuk pendidikan dan hiburan itu tersedia dalam bentuk CD-ROM, maka diperlukan pemutar CD-ROM dengan quad-speed sudah cukup.

Untuk mendapatkan kepuasan menonton, gunakan monitor dengan ukuran yang besar. Semakin besar semakin baik. Selain ukuran 14 inci, sekarang sudah banyak ditawarkan monitor berukuran 15 inci sampai 17 inci. Jangan gunakan monitor yang diilengkapi dengan speaker yang built-in. Pakailah active speaker yang stand alone dengan mutu yang baik. Ada active speaker dengan power rating sebesar 10 watt per kanal. Sedangkan frequency response-nya cukup lebar mulai dari 50 hertz sampai 20 kilohertz.

Perlu diingat bahwa PC Anda memerlukan yang dinamakan video card 16 bit dengan 65.536 color standard VGA dengan resolusi 640 x 480 pixel. Memori untuk video card ini sebesar 1 megabyte atau 2 megabyte. Semakin besar semakin baik untuk menampung banyak warna dengan resolusi tinggi. Lengkapi dengan local bus video (special high-performance expansion slot) yang cocok dengan video card-nya.

Sistem audio merupakan unsur penting untuk komputer multi media. Gunakan sound card yang 16 bit, karena mutu karena mutu sound card yang menentukan mutu suara yang keluar dari speaker.

Akhirnya, perlu diterangkan disni bahwa di pasaran Anda dapat membeli komputer multimedia built-up dengan merk-merk yang terkenal.

Sumber: Jawa Pos, Oktober 1996

0 Comments:

Post a Comment

<< Home