Saturday, November 25, 2006

Internet itu Jaringan Global

Pertanyaan:
Sekarang ini banyak dibicarakan di media, bahwa ada penyanyi atau bintang film terkenal yang bugil di Internet. Saya jadi merasa ketinggalan. Karena itu saya ingin tahu, apa Internet itu sebenarnya. Dan bagaimana cara kerjanya.
S. Darsono, Trenggalek



Jawab:
Secara mudahnya dapat diterangkan bahwa Internet itu jaringan global yang menghubungkan banyak komputer sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain untuk saling berbagi informasi. Semula tujuan orang menbentuk jaringan komputer itu sederhana saja. Yaitu agar supaya lebih murah, maka dicari jalan untuk menghubungkan beberapa komputer supaya dapat memanfaatkan sebuah perangkat yang mahal secara bersama, misalnya printer laser atau perangkat penyimpan dengan kapasitas besar.

Jadi setiap komputer dihubungkan dengan kabel menuju ke perangkat yang digunakan secara bersama. Dan supaya tidak terjadi konflik satu sama lain maka harus ada juga yang dinamakan perangkat lunak komunikasinya, supaya pemakaian printer laser itu, misalnya, dapat berlangusng dengan efisien dan tertib.

Kemudian konsep jaringan komputer berkembang terus, sehingga sekarang ada beberapa konfigurasi jaringan yang memungkinkan pemakainya untuk menggunakan program secara bersama, memindahkan file dari komputer yang satu ke yang lain, dan saling berkirim pesan (electronic nail) melalui jaringan itu. Bila jaringan komputer itu berada pada suatu tempat (gedung atau lantai) yang sama, maka jaringan seperti itu dinamakan local area network (LAN).

Misalnya suatu universitas terdiri dari beberapa fakultas, dan setiap fakultas mempunyai jaringan LAN. Jaringan komputer yang berada di tempat yang terpisah-pisah itu dapat disatukan dengan kabel. Sehingga komputer yang berada dalam jaringan fakultas yang satu dapat berkomunikasi dengan komputer yang berada dalam jaringan dari fakultas yang lain untuk saling bertukar informasi. Sekarang sudah banyak universitas di Indonesia yang dilengkapi dengan jaringan komputer. Untuk menghubungkan universitas yang ada di Surabaya dengan universitas yang ada di Jakarta, misalnya, harus digunakan jaringan telepon dengan kecepatan tinggi, sehingga terbentuk konfigurasi jaringan komputer yang lebih luas, dinamakan wide area network (WAN).

Dengan adanya satelit komunikasi dan jaringan telepon khusus, universitas di Indonesia dapat meluaskan jaringan komputernya dengan membentuk jaringan global yang dapat menjangkau universitas di luar negeri. Jaringan komputer yang global itu dinamakan global wide area network. Dalam jaringan global ini pengguna komputer di universitas di Indonesia dapat merasa berada di ruang yang sama dengan pengguna komputer di seluruh dunia untuk berbagi informasi secara efisien.

Jadi jelasnya, Internet itu merupakan kumpulan jaringan komputer yang saling tersambung secara global. Beda dengan jaringan perusahan yang hanya terbatas untuk karyawan perusahan itu, Internet bisa diakses oleh setiap orang yang memiliki komputer pribadi yang dilengkapi dengan modem. Oleh karena itu Internet sering disebut juga supernetwork, suatu jaringan yang terdiri dari jaringan-jaringan komputer. Peserta-peserta Internet dapat saling berkomunikasi dan saling berbagi informasi di mana pun mereka bereda.

Karena tumbuh dengan cepat dan selalu berubah-ubah, maka Internet merupakan organisasi yang berkembang secara dinamis. Selalu ada peserta-peserta baru, atau ada pula peserta-peserta yang menggundurkan diri. Komputer yang terhubung pada Internet dinamakan host, atau node. Host itu dapat berupa mulai dari superkomputer, komputer mainframe, minikomputer, mikrokomputer, sampai komputer notebook.

Jaringan yang menghubungkan host dalam Internet dapat berupa jaringan telepon, saluran gelombang mikro, kabel serat optik, dan sistem komunikasi satelit. Jadi kecepatan pemindahan data dalam jaringan-jaringan penghubung itu bervariasi mulai dari ratusan bit per detik (bps) sampai megabit per detik (Mbps).

Internet mempunyai jaringan tulang punggung (back bone network) yang menghubungkan pusat-pusat superkomputer nasional di Amerika Serikat di San Diego (California), Universitas Cornell di Ithaca (new York), Pittburgh (Pennsylvania), Champain (Illinois), dan Boulder (Colorado). Jaringan tulang punggung itu dibangun dengan tujuan untuk merancang suatu jaringan, yang disebut ARPAnet, yang menghubungkan komputer-komputer yang letaknya saling berjauhan agar komputer-komputer itu dapat bertukar informasi. Proyek ARPAnet, yang merupakan proyek riset bersama antara Departemen Pertahanan AS dengan sejumlah universitas di negara itu, berada dibawah naungan Advanced Research Projects Agency milik Departemen Pertahanan AS.

Sumber: Jawa Pos, Juni 1996

0 Comments:

Post a Comment

<< Home