Tuesday, November 28, 2006

Telepon dengan Mesin Penjawab

Tanya:
Saya ingin melengkapi pesawat telepon saya di rumah dengan sebuah answering machine. Tolong saya dibantu mencari merk answering machine yang baik dan murah.
Arifin S., Surabaya

Jawab:
Answering machine (mesin penjawab telepon) nampaknya sudah mulai banyak dicari pemilik pesawat telepon. Bahkan sekarang ada pesawat telepon merk tertentu yang sudah dilengkapi dengan mesin penjawab sebagai perlengkapan standar. Memang mesin penjawab sangat membantu bila kebetulan Anda sedang bepergian meninggalkan rumah. Karena mesin penjawab itu merupakan peralatan pencatat pesan-pesan yang keluar (outgoing message) maupun yang masuk (ingoing message) melalui pesawat telepon.

Sebuah mesin penjawab telepon itu pada dasarnya merupakan suatu alat perekam yang menggunakan pita kaset mikro. Yang direkam adalah pesan keluar dan pesan yang masuk melalui pesawat telepon. Pesan yang keluar berupa pesan pemilik telepon yang memberitahukan bahwa pemilik telepon sedang keluar. Kemudian diberitahukan bahwa bila ada pesan untuk pemilik telepon atau siapa saja yang ingin dituju supaya diucapkan setelah ada tanda tertentu. Selanjutnya mesin penjawab akan mulai merekam pesan-pesan yang masuk itu. Ketika pemilik telepon datang, dan memeriksa mesin penjawabnya dan kemudian menekan tombol playback untuk mendengarkan semua pesan yang masuk hari itu.

Ditinjau dari banyaknya pita kaset mikronya, maka ada mesin penjawab dengan satu dan dengan dua pita kaset mikro. Bila menggunakan satu pita kaset mikro, maka pesan keluar direkam pada ujung pita. Misalkan ada penelepon pertama masuk, maka akan terdengar nada panggil. Bila nada panggil itu berdering sampai tiga kali tidak ada yang mengangkat, maka akan dilayani mesin penjawab dan penelepon akan mendengar pesan keluar untuk meningglkan setelah ada tanda tertentu. Pesan yang masuk itu akan direkam pada pita sesudah pesan keluar tadi. Kemudian pita kaset akan memutar kembali (rewind) pada kedudukan semula, setelah penelepon meletakkan gagang teleponnya.

Misalkan kemudian ada penelepon kedua masuk. Sampai mendengar pesan keluar kejadiannya sama seperti penelepon pertama. Bedanya, untuk menyampaikan pesan masuknya penelepon kedua harus menunggu lebih lama sebelum mendengar tanda tertentu untuk mulai mengucapkan pesannya. Karena pita kaset harus diputar maju (forward) mencari bagian pita yang kosong sebelum merekam pesan masuk yang kedua, agar tidak menghapus pesan masuk yang pertama. Demikianlah seterusnya. Satu pita kaset mikro mampu merekam pesan-pesan masuk selama kurang lebih lima belas menit. Ada juga pita kaset yang dapat merekam selama tiga puluh menit.

Mesin penjawab dengan dua pita kaset mikro tentunya lebih baik lagi. Pita kaset yang pertama digunakan untuk merekam pesan keluar, dan pita kaset yang kedua dipakai untuk merekam pesan-pesan masuk. Pita kaset pertama setelah selesai melakukan tugasnya menyampaikan pesan keluar selalu kembali pada kedudukan semula. Supaya bila ada penelepon berikutnya dapat menyampaikan pesan keluar yang sama. Sedangkan pita kaset yang kedua setelah selesai merekam pesan yang masuk masih bergerak sebentar dan berhenti disitu. Sehingga bila ada penelepon yang berikutnya akan mendengar tanda mulai mengucapkan pesan dalam jangka waktu yang sama.

Kemudian ada mesin penjawab yang hibrid. Yaitu menggunakan pita kaset mikro digabung dengan menggunakan chip memori yang dinamakan RAM. Pita kaset digunakan untuk merekam pesan keluar, sedangkan pesan masuk disimpan ke dalam chip memori dalam bentuk data digital. Menurut sebagian orang, suara yang keluar dari memori chip kurang baik. Suaranya sulit dikenali.

Yang terakhir, mesin penjawab yang menggunakan memori chip sebagai alat penyimpan pesan-pesan baik yang keluar maupun yang masuk. Maka mesin penjawab ini tidak memerlukan lagi motor pemutar pita kaset mikro. Sehingga mesin pemutar ini lebih ringan dan dilengkapi dengan tampilan LCD untuk menunjukkan banyaknya pesan yang masuk.

Murah atau mahalnya sebuah mesin penjawab telepon tergantung fasilitas dan feature yang ada. Misalnya fasilitas tanggal dan waktu, remote control, dapat mencatat nomor penelepon, VOX, dll. VOX atau voice activated recording merupakan fasilitas yang dapat menghentikan gerakan pita kaset bila penelepon berhenti berbicara misalnya sedang berpikir apa yang akan dipesankan. Ketika mulai penelepon mulai bicara lagi maka pita akan mulai bergerak juga. Jelas, dapat menghemat pemakaian pita.

Sumber: Jawa Pos, September 1996

0 Comments:

Post a Comment

<< Home