Tuesday, November 28, 2006

Printer untuk Mencetak Skripsi

Pertanyaan:
Saya sekarang ini sudah mempunyai seperangkat komputer yang memakai CPU Pentium/100 dengan Window95. Saya bermaksud untuk mengganti printer dot matrix yang ada dengan printer laser atau ink-jet, karena saya ingin berusaha di bidang jasa pengetikan skripsi. Printer apa yang harus saya gunakan untuk bisnis rumah tangga itu. Apa saja yang harus saya pertimbangkan.
Indra M., Surabaya

Jawab:
Karena Anda ingin mengusahakan bisnis rumah tangga jasa pengetikan skripsi, maka Anda harus memililih printer yang mampu menampilkan kualitas cetakan hitam-putih yang baik dengan kinerja yang cepat. Keunggulan seperti itu hanya dapat Anda peroleh dari printer laser.

Printer laser mempunyai kualitas cetak hitam-putih yang dapat dikatakan prima. Skripsi dengan kualitas cetak teksnya yang prima dapat memberikan kesan pertama yang baik pada dosen pembimbing atau pada dosen pengujinya. Selain itu banyak mahasiswa yang tak sabaran. Biasanya mahasiswa baru datang ke jasa pengetikan dengan membawa konsep skripsinya terlalu dekat dengan batas tanggal pengumpulan draft skripsi itu. Karena itu diperlukan printer laser yang mempunyai kinerja yang cepat. Sehingga dapat diharapkan untuk menghasilkan cetakan yang lebih banyak per bulan dengan biaya operasional yang lebih murah bila dibandingkan dengan printer ink-jet. Selain itu printer laser mempunyai mekanisme penanganan kertas dan amplop yang juga lebih baik.

Dalam memilih printer laser, selain mempunyai kualitas cetak teksnya yang baik, perlu diperhatikan untuk memilih printer yang mudah dipasang dan dioperasikan (semacam plug and play), dilengkapi dengan cartridge toner yang gampang diganti, dan mempunyai mekanisme pemasukan kertas yang sederhana. Pengaturan cetaknya pun harus mudah dimengerti oleh siapa pun penggunanya, atau paling tidak dapat dijalankan oleh perangkat lunak sehingga dapat dilakukan tukar menukar parameter cetakan dari komputer tanpa harus menyentuh perangkat cetaknya sendiri.

Kalau toh ada kelemahan pada printer laser, maka hanya dalam masalah warna. Printer ink-jet rata-rata dapat mencapai nilai antara baik sampai prima untuk soal warna. Keunggulan ini dari satu sisi jelas cukup berarti karena segala sesuatu yang berwarna akan nampak lebih menarik perhatian. Memang printer ink-jet ini harganya lebih murah dibandingkan dengan printer laser, tapi biaya operasionalnya lebih mahal.

Membaca surat Anda tersirat bahwa, tentang dana kelihatanya bukan masalah untuk Anda. Jika soal harga printer tidak merupakan kendala bagi Anda, yang perlu juga mendapat perhatian berikutnya mengenai jaminan pengembalian atau penukaran barang dalam tempo 30 hari seandainya terjadi kerusakan. Karena jaminan semcam itu penting, khususnya jika setelah barang sampai di rumah ternyata tidak sesuai dengan harapan Anda. Sebaiknya, selalu tanyakan masalah jaminan ini pada penjualnya sebelum terjadi transaksi.

Akhirnya, yang penting pula dipikirkan bagaimana caranya agar dapat memberikan kualitas yang baik, tepat waktu, dan pelayanan yang cepat.

Sumber: Jawa Pos, Agustus 1996

0 Comments:

Post a Comment

<< Home