Tuesday, November 28, 2006

Merakit Personal Computer

Pertanyaan:
Saat ini saya sudah mempunyai komputer dengan prosesor 486DX/100 dengan printer dotmatrix. Untuk yang akan datang, saya mempunyai rencana untuk merakit PC dengan prosesor Pentium sendiri. Karena itu, saya ingin mendapatkan informasi mengenai komponen-komponen yang diperlukan lengkap dengan perincian biayanya yang murah untuk membangun PC dengan prosesor Pentium itu. Apakah ada buku yang dapat saya pakai sebagai panduan.

Ramelan, Malang

Jawaban:
Bagus sekali. Jika Anda ingin merakit sebuah PC, misalnya sebagai pengisi waktu luang, saya kira itu merupakan gagasan yang cemerlang. Komputer yang Anda inginkan itu PC dengan prosesor Pentium dengan biaya yang murah. Pengertian murah itu menurut saya sangat relatif. Karena membangun konfigurasi suatu PC hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan penggunaan komputer itu. Dengan kata lain, jangan sampai merakit PC hanya karena murahnya. Tapi, rakitlah PC dengan memilih konfigurasi yang optimal, yang disesuaikan dengan kebutuhan komputer yang akan Anda gunakan. Baru Anda dapat menentukan spesifikasi PC yang diinginkan.

Berdasarkan spesifikasi itu, selanjutnya Anda menyusun suatu shopping list sebagai pegangan untuk belanja komponen-komponen yang diperlukan dalam merakit PC itu. Menurut hemat saya shopping list itu berisi duabelas shopping item. Item yang pertama adalah prosesor. Yang paling penting di dalam mebangun sebuah komputer adalah memilih jenis dan merk prosesor. Meskipun bentuknya kecil, prosesor merupakan otak bagi seluruh kehandalan dan kecepatan proses kinerja serta kompatibilitas komputer. Prosesor merupakan komponen yang sebentar lagi cepat menjadi basi. Maka memilih prosesor itu dapat dikatan gampang-gampang susah, karena banyaknya merk yang ditawwarn dan sulit membedakan merk yang asli dengan yang tidak asli. Gunakanlah prosesor sedemikian sehingga komputer yang Anda rakit paling tidak dapat bertahan untuk dua atau tiga tahun mendatang. Untuk prosesor saya cenderung untuk memakai Pentium 100 Mhz merk Intel asli yang harganya sekitar 350 ribu rupiah.

Kemudian item yang kedua, yaitu motherboard yang merupakan papan utama dari sebuah komputer. Dinamakan motherboard karena semua bagian yang terdapat di dalam komputer menginduk pada papan itu. Papan ini menjadi tempat bercokolnya memori cache, RAM, BIOS, card untuk I/O, dan card untuk video. Pada motherboard keluaran terbaru sudah terdapat 2 serial port dengan UART 16550, satu port paralel, controller untuk disk drive, dan controller untuk harddisk. Biasanya sulit untuk dapat memilih motherboard seksama, karena konfigurasi masing-masing motherboard berlainan. Karena motherboard yang di jual disini banyak variasinya dan kadang merknya tidak jelas karena hanya memakai kode huruf dan angka. Sebagain besar buatan Taiwan, tapi ada juga motherboard yang buatan Amerika tentunya dengan dengan harga sedikit lebih mahal. Harga motherboard berkisar antara 350 ribu sampai 1 juta rupiah.

Berikutnya item yang ketiga, yaitu memori RAM. Untuk ini biasanya menganut pada prinsip, bahwa semakin besar RAM suatu komputer semakin baik kinerjanya. Sebaiknya dalam menghitung kapasitas RAM yang seoptimal mungkin disesuaikan dengan PC yang Anda perlukan. Misalnya, Anda ingin PC dengan Window 95 yang dapat menjalan dua buah aplikasi, maka diperlukan EDO RAM minimal sebesar 8 Mb atau lebih dengan harga sekitar 130 ribu sampai 150 ribu rupiah.

Berikutnya item yang keempat, yaitu memori cache. Untuk memori RAM kurang dari 32 Mb, maka cukup dengan memori cache 256 kb. Biasanya memori cache itu sudah on board, jadi tidak perlu beli.

Berikutnya item yang kelima, yaitu disk drive. Anda dapat menggunakan dua disk drive yang berukuran 1,2 Mb dan 1,44 Mb dengan harga 150 ribu ribu. Tapi, Anda cukup memakai satu drive yang berukuran 1,44 Mb dengan harga 70 ribu rupiah saja.

Berikutnya item yang keenam, yaitu harddisk. Anda harus memilih harddisk ini yang mampu sebagai penyimpan data yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena sekarang ini banyak perangkat lunak aplikasi yang memerlukan tempat penyimpanan yang kapasitasnya sangat besar, maka sebaiknya digunakan harddisk dengan kapasitas di atas 1,2 Gb. Harganya di atas 400 ribu rupiah.

Berikutnya item yang ketujuh, yaitu kartu VGA. Bila PC yang akan Anda rakit itu nantinya kan digunakan untuk perancangan (desain), sebaik plihlah kartu VGA yang memorinya dapat dikembangkan lebih lanjut. Misalnya, kartu VGA satu Mb yang dapat di-expand sampai empat Mb dengan harga mulai dari 60 ribu sampai 90 ribu rupiah.

Berikutnya item yang kedelapan, yaitu casing. Casing merupakan kotak penutup PC banyak juga variasi modelnya. Ada yang model desktop atau model tower. Kalau saya boleh menyarankan, sebaiknya Anda memilih yang model mini tower. Pada model mini tower, motherboard terletak di bagian sampaing. Sedangkan pada model desktop, motherboard di letakkan pada bagian yang paling bawah. Jangan memilih casing hanya karena modelnya menarik. Tapi, pilihlah casing karena dilengkapi dengan power supply bagus dan kuat. Untuk casing cukup sediakan dana di atas 100 ribu rupiah.

Berikutnya item yang kesembilan, yaitu keyboard. Keyboard adalah papan ketik, pilihlah yang mempunyai tombolnya lembut dan mampu menunjang Window'95. Harganya sekitar 40 ribu rupiah.

Berikutnya item yang kesepuluh, yaitu mouse. Mouse sudah merupakan pelengkapan yang baku. Ada vendor yang memberikan secara gratis, biasanya dari merk yang murahan. Tapi, kalau Anda menginginkan yang mempunyai harganya sekitar 50 ribu rupiah.

Berikutnya item yang kesebelas, yaitu monitor. Pemilihan monitor ini harus disesuaikan dengan tujuan pemakaian PC. Kalau tujuan penggunaan PC itu untuik perancangan, sebaiknya memilih monitor dengan ukuran 15 inci dengan dotpitch 0,28. Harganya lumayan mahal satu setengah juta rupiah.

Dan yang terakhir item yang keduabelas, yaitu printer. Untuk printer, Anda menghadapi beberapa pilihan merk. Ada yang dotmatrix, deskjet, dan laserjet. Menurut saya untuk uji coba PC hasil rakitan Anda, cukup dengan menggunakan printer dotmatrix milik Anda dulu. Lain kali bila ingin mengembangkan sistem komputer Anda, baru memikirkan printer yang lebih baik lagi.

Kalau dijumlah mulai dari item kesatu sampai item yang kesebelas, maka biaya yang diperlukan tidak lebih dari tiga setengah juta rupiah. Memang, kalau dapat dibelanjakan sekaligus maka Anda bisa langsung merakitnya. Bila Anda teratur mengerjakannya, tidak sampai satu minggu PC Anda sudah jadi. Tapi, kalau ada keterbatasan dana, Anda dapat mulai beli sebagian dulu disertai harapan pada saat sudah tersedia uangnya harga komponen yang lainnya turun.

Untuk panduan merakit komputer dapat digunakan buku yang berjudul: Merangkai Komputer Pribadi, dengan penulis: Robert McLaughlan, Susan S. Sasser, dan Mary Ralston, yang diterjemahkan oleh Dipl. Ing Rijanto Tosin dan diterbitkan oleh PT Dinastindo.

Sumber: Jawa Pos, September 1996

0 Comments:

Post a Comment

<< Home