Wednesday, November 29, 2006

Sambungan Langsung International dengan Pulsa Lokal

Pertanyaan:
Bagaimana caranya melakukan percakapan dengan internet phone untuk sambungan langsung internasional dengan pulsa lokal.
Supriyanto, Surabaya

Jawab:
Pada mulanya internet itu jaringan komputer yang dimaksudkan untuk pertukaran data baik yang berupa teks maupun yang berupa grafis. Sekarang dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama dalam perkembangannya, dengan jaringan internet itu dapat pula mengirim suara, gambar animasi, sinyal audio, dan sinyal video. Tapi, untuk sinyal video lengkap dengan sinyal audionya belum dapat dinikmati secara on-line. Masih harus dilakukan down loading ke harddisk, kemudian baru dapat ditayangkan secara lokal.

Dengan kemajuan dibidang teknologi telekomunikasi, maka sekarang orang dapat saling bercakap antara yang satu dengan yang lain dengan menggunakan masing-masing komputernya yang sudah terhubung pada internet. Untuk dapat melakukan percakapan dengan internet phone, jelas komputernya memerlukan perangkat keras tambahan yang berupa : sound card, speaker, dan mikrofon. Sound card ada dua macam, yaitu : yang half duplex dan yang full duplex. Dengan sound card yang half duplex, percakapan itu hanya dapat dilakukan secara bergantian. Sebelum menjawab, lawan bicaranya harus menunggu sampai mendengar perkataan over, atau ganti. Sedangkan dengan yang full duplex, percakapan berlangsung seperti orang menggunakan pesawat telepon biasa. Bisa memotong percakapan sementara lawan bicaranya masih bercakap.

Untuk menunjang perangkat keras itu diperlukan perangkat lunak. Perangkat lunak komunikasi untuk internet phone ada banyak macamnya. Ada perangkat lunak yang mengharuskan kedua belah pihak yang akan berkomunikasi itu menggunakan perangkat lunak yang sama. Ada pula komunikasi percakapan itu dapat berlangsung meskipun perangkat lunaknya berbeda. Perangkat lunak itu biasanya dapat diperoleh dengan jalan down loading, baik yang freeware maupun yang shareware. Perangkat lunak internet phone yang sering digunakan, misalnya Internet Phone 4.0 dari Volcatec yang dapat diperoleh di http://www.volcatec.com. Intel mempunyai Internet Phone yang diperoleh secara down loading di http://www.intel.com/iaweb/cpc/index.htm. Sedangkan Netscape menyediakan Cool Talk yang tersedia di dalam browser Netscape 3.0.

Jadi, yang dapat melakukan percakapan dengan internet phone itu mereka yang mempunyai akses ke internet. Internet phone hanya dapat menjangkau kalangan yang sangat terbatas. Sebelum terjadi kontak komunikasi, terlebih dahulu harus mengirim e-mail kepada yang ingin diajak bercakap-cakap melalui internet phone. Pada hari yang telah disepati bersama, kedua belah pihak muncul di internet untuk mengadakan percakapan dengan suara (voice).

Memang komunikasi melalui internet phone ini murah, karena memakai pulsa lokal. Tapi, investasi untuk dapat mengakses internet di Indonesia relatif masih mahal. Harus ada komputer, modem, dan fasilitas sambungan telepon. Harap dicatat, tidak semua yang dapat mengakses ke internet itu dilengkapi dengan perangkat keras dan perangkat lunak komunikasi untuk internet phone. Selain itu, tidak semua kota ada Internet Service Provider.

Sumber: Jawa Pos, Oktober 1996

0 Comments:

Post a Comment

<< Home